Assalamualaikum. Selamat Datang di Blog Komunitas Sosial Peduli Masjid (KSPM)

Silaturahim Remaja Masjid Bersama JPRMI Banyuasin

Dokumentasi Kegiatan Silaturahim JPRMI Banyuasin

[KSPM] JPRMI Banyuasin - Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) Kabupaten Banyuasin bekerjasama dengan IRMA Nurul Islam, Desa Mainan Kecamatan Sembawa mengadakan SIlaturahim Remaja Masjid (SIRAM) pada hari ahad, 7 Oktober 2012. Acara yang bertempat di Masjid Nurul Islam, Desa Mainan ini dihadiri remaja-remaja perwakilan dari IRMAS Al Muhajirin Talang Kelapa, IRMA Sembawa, IRMA Al Hikmah Talang Kelapa, IRMA Darussalam Pulau Harapan, IRMA Hamasah Reban Gajah Langkan dan lain-lain.

JPRMI merupakan organisasi nasional yang pusatnya berada di Jakarta berdiri sejak tanggal 19 Mei 2006, ketika deklarasi JPRMI Nasional dihadiri oleh utusan dari 30 Propinsi seluruh Indonesia, propinsi yang lain menyatakan turut serta mendukung namun berhalangan hadir. Organisasi ini bersifat independen dengan tetap menjunjung tinggi ukhuwah islamiyah dan akhlakul kharimah. Tujuan dari terbentuknya JPRMI ini adalah mensinergikan potensi-potensi pemuda dan remaja masjid untuk memperkuat dakwah Islamiyah,  menambah pemuda dan remaja masjid yang mampu memakmurkan masjid dan melahirkan pemimpin-pemimpin masyarakat dan bangsa yang berbasis kemasjidan. JPRMI Banyuasin sebagai salah satu cabang di tingkat kabupaten akan berupaya berkontribusi dalam pembinaan pemuda dan remaja masjid sebagai upaya partisipatif bagi pembangunan sumber daya pemuda Banyuasin.

Acara silaturahim ini diawali pembukaan yang dipandu oleh MC dari IRMA Nurul Islam Mainan yaitu  Irwansyah, lalu Tilawah (pembacaan Al Quran ) yang di bawakan  oleh  Lestari dari IRMA Al Muhajirin Talang Kelapa.  Kemudian dilanjutkan kata sambutan dari Ketua Panitia, oleh Ridwan dan Sambutan Ketua Umum JPRMI Banyuasin oleh M. Nuzul Firyadi, S,Pd.I kemudian terakhir sambutan Bapak Yunus sebagai Pengurus Masjid Nurul Islam, Desa Mainan.

Acara selanjutnya yaitu tausiyah  dari Ustadz Zainal Muttaqien, S.P tentang “Peran Pemuda Islam” . Dalam uraiannya disampaikan bahwa sejak zaman Nabi pada setiap fase perubahan zaman menuju kebaikan, selalu ada peran pemuda di dalamnya. Pada masa perjuangan Rasulullah, yang pertama kali menyambut seruan Rosul adalah golongan pemuda yaitu, Abu Bakar Siddiq, Ali bin Abi Thalib, Ustman bin Affan, Zaid bin Haritsah, Mush’ab bin Umair dan sebagainya. Begitu pula sejarah kebangkitan di tanah air kita penggeraknya adalah kaum muda antara lain peristiwa Sumpah Pemuda 1928, Proklamasi Kemerdekaan RI 1945, Revolusi Orde Baru 1966, Gerakan Reformasi 1998 dan sebagainya. Dalam pesannya kita sebagai pemuda jangan sampai berjiwa tua alias lesu tak bersemangat. IRMA/ IRM/Remus merupakan tempat berkumpulnya anak muda yang diberikan petunjuk oleh Allah untuk memakmurkan masjid disekitarnya. Banyak cara yang bisa dilakukan pemuda muslim untuk kebangkitan Islam antara lain menyelenggrakan even-even kebaikan, mendengarkan nasehat, menjadi pengisi acara, memberikan ide/saran, tenaga, waktu untuk kegiatan-kegiatan positif.

Setelah Tausiyah dan sholat zuhur berjamaah, dilajutkan perkenalan dan diskusi/ sharing antar IRMA. Pada kesempatan kali ini IRMAS Al Muhajirin Talang Kelapa diberikan kesempatan pertama untuk berbagi cerita  dan pengalaman seputar kegiatan IRMAS Al Muhajirin yang disampaikan langsung oleh Ketua Umumnya yaitu Iswahyudi. Kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan antara lain Kajian Rutin (KANTIN) setiap dua pekan, malam ahad mengkaji tema-tema tentang pemuda dari dan untuk anggota IRMAS, dan olahraga setiap ahad pagi di halaman masjid. Ada juga acara tukar kado antar pengurus dan anggota, selain itu pernah juga mengadakan Seminar tentang Remaja dan Pasar Beduk di bulan Ramadhan lalu dibantu Sponsor dan donatur. Ada juga kegiatan-kegiatan yang dilakukan bekerjasama dgn JPRMI, IRMA menyediakan waktu dan tempat, JPRMI mencari pengisi acaranya. Kendala- kendala yang biasanya menghambat  kegiatan IRMA antara lain dana. Maka pesan Iswahyudi solusinya adalah DUIT (Doa, Usaha, Ikhtiar dan Tawakal), Insya Allah semuanya menjadi mudah jika kita berjuang bersama-sama. Moga IRMA-IRMA di Banyuasin terus eksis.

JPRMI Banyuasin sebagai organisasi pemuda sangat terbuka dan siap bersinergi dengan masjid/mushala/ sekolah/ karang taruna dan pihak manapun yang memiliki tujuan yang sama dalam upaya pembinaan generasi muda. Bagi IRMA/IRMUS yang berminat bekerjasama dapat menghubungiCP. 081392425587 (M. Nuzul Firyadi, S.Pd.I) Ketua Umum JPRMI Banyuasin atau juga dapat berbagi dan mengunjungi kami di alamat facebook : Jprmi Banyuasin.

Postingan populer dari blog ini

ZAKAT MEMBEBASKAN

AIR BERSIH PROGRAM UNTUK BANTU KEKERINGAN

SEMARAK IDUL ADHA 1433 H DI MASJID AL HURRIYYAH