Assalamualaikum. Selamat Datang di Blog Komunitas Sosial Peduli Masjid (KSPM)

Remaja Anti Galau Versi JPRMI Banyuasin


Foto Kegiatan JPRMI Banyuasin
[KSPM] JPRMI Banyuasin -Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) Kabupaten Banyuasin bekerjasama dengan IRMAS Al-Muhajirin Kec. Talang Kelapa dan IRMA Sembawa mengadakan Pesantren Ramadhan (PANDAN). Acara yang berlangsung pada tanggal 29 Juli dan 5 agustus 2012 ini mengundang para pemuda dan remaja se-Banyuasin untuk berpartisipasi dalam acara ini. Acara yang diramaikan sekitar 200 orang peserta ini bertema “Menjadi Remaja Anti Galau bersama Ramadhan”.

JPRMI merupakan organisasi nasional yang pusatnya berada di Jakarta berdiri sejak tanggal 19 Mei 2006, ketika deklarasi JPRMI Nasional dihadiri oleh utusan dari 30 Propinsi seluruh Indonesia, propinsi yang lain menyatakan turut serta mendukung namun berhalangan hadir. Organisasi ini bersifat independen dengan tetap menjunjung tinggi ukhuwah islamiyah dan akhlakul kharimah. Tujuan dari terbentuknya JPRMI ini adalah mensinergikan potensi-potensi pemuda dan remaja masjid untuk memperkuat dakwah Islamiyah, dan menambah pemuda dan remaja masjid yang mampu memakmurkan masjid dan melahirkan pemimpin-pemimpin masyarakat dan bangsa yang berbasis kemasjidan. JPRMI Banyuasin sebagai salah satu cabang di tingkat kabupaten mulai tahun ini akan berupaya berkontribusi dalam pembinaan pemuda dan remaja masjid sebagai upaya partisipatif bagi pembangunan sumber daya pemuda Banyuasin.

Acara PANDAN digelar dua kali dalam bulan suci ini, yaitu tanggal 29 Juli 2012 di Masjid Al Muhajirin Sukajadi dan 5 Agustus 2012 di Masjid Al Muhajirin Sembawa. Pada hari pertama dimulai dengan acara pembukaan dengan dipandu oleh MC Kondang IRMAS Al Muhajirin Sukajadi yaitu  Imam Asy’arie, lalu Tilawah (pembacaan Al Quran ) yang di bawakan  oleh  Imam Fakhrudin.  Kemudian dilanjutkan kata sambutan dari Ketua Umum dan sekaligus perkenalan tentang JPRMI Banyuasin oleh M. Nuzul Firyadi, kemudian sambutan Panitia Pelaksana diwakilkan oleh Heri Sumardi, S.Pd dan  acara pembukaan ini ditutup doa oleh Ruly Gusmanto. Sebelum acara inti dimulai, peserta membentuk kelompok yang dipandu oleh Komala Dewi, agar peserta dapat saling berkenalan dari berbagai utusan IRMA/ Sekolah. Acara intinya adalah Ngobrol Bareng Penyiar Radio Kondang  dari Palembang Ustadz Syaf Fery  dengan moderator kondang yang sekarang mendapat amanah sebagai Ketua IRMAS Al Muhajirin Sukajadi yaitu Iswahyudi. Dalam pembahasannya yang lugas dengan gaya dan bahasa yang meremaja Kang Fery berbagi tips dan trik untuk menjadi Remaja anti Galau “La tahzan Innallaha ma’ana – janganlah engkau galau/sedih, sesungguhnya Allah bersama kita” dan selalu menjadikan Rasulullah saw sebagai suri tauladan dan idola sepanjang masa. Sajian terakhir ditutup dengan perkenalan bersama panitia dan sholat dhuhur.

Hari kedua PANDAN berlangsung di Masjid Al Muhajirin Sembawa pada tanggal 5 Agustus 2012. Acara pembukaan dipandu oleh MC kondang IRMA Sembawa yaitu Salman Al Faris, kemudian dilanjutkan sekilas paparan tentang JPRMI Banyuasin oleh Sekum JPRMI Banyuasin yaitu Ridwan. Pada hari kedua ini narasumber yang diundang yaitu Ustadz Itsnan, Lc, MA lulusan dari LIPIA dengan membahas secara tajam tentang Problematika Remaja. Disampaikan dalam uraiannya kiat-kiat menaklukkan berbagai masalah remaja sekaligus cara menjadi pemuda muslim yang produktif dan berguna di dunia dan akherat. Akhirnya acara ditutup dengan foto bersama seluruh peserta dan panitia. Sampai ketemu lagi dengn even-even JPRMI Banyuasin lainnya.

JPRMI Banyuasin sebagai organisasi pemuda sangat terbuka dan siap bersinergi dengan masjid/mushala/ sekolah/karang taruna dan pihak manapun yang memiliki tujuan yang sama dalam bidang pembinaan generasi muda. Bagi IRMA/IRMUS yang berminat bekerjasama dapat menghubungiCP. 081392425587 (M. Nuzul Firyadi) Ketua Umum JPRMI Banyuasin atau juga dapat berbagi dan mengunjungi kami di alamat facebook : Jprmi Banyuasin.

Postingan populer dari blog ini

ZAKAT MEMBEBASKAN

AIR BERSIH PROGRAM UNTUK BANTU KEKERINGAN

SEMARAK IDUL ADHA 1433 H DI MASJID AL HURRIYYAH